Photobucket

Inilah 4 Merek Mobil Paling Laris di Indonesia Tahun 2011

Tuesday, July 12, 2011

Merek mobil apa yang paling laris di Indonesia? Data statistik penjualan menunjukan bahwa merek Toyota masih menjadi merek mobil paling favorit di Indonesia. Alasannya adalah banyak pilihan dari varian Toyota baik MPV maupun SUV, harga suku cadang yang terjangkau serta nilai jual mobil bekas Toyota tidak jatuh. Serta layanan purna jual yang tetap menjadi andalan pihak Toyota. Merek apa lagi di bawah Toyota? Tercatat Daihatsu, Mitsubishi. Dan Suzuki menguntit dalam daftar penjualan terlaris di Indonesia. Berikut 4 merek mobil paling laris di Indonesia tahun 2011

Merek Toyota di Indonesia masih digdaya. Sepanjang paruh pertama tahun ini, merek asal Jepang itu masih menduduki peringkat pertama penjualan ritel dengan angka penjualan 153.385 unit.

Citra merek, jaringan penjualan, dan layanan purnajual yang tersebar luas di seluruh penjuru Tanah Air menjadi pendongkrak penjualan tersebut. “Tingkat brand awareness Toyota masih menempati urutan teratas di benak orang Indonesia. Begitu pula dengan jaringan penjualan dan layanan purna jualnya,” kata salah seorang pengurus Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) saat dihubungi, di Jakarta, Selasa, 12 Juli 2011.

Citra merek dan dukungan layanan tersebut, kata sumber itu, sangat berpengaruh terhadap persepsi kualitas merek. Alhasil, persepsi terhadap jaminan kualitas produk serta nilai jual kembali produk tersebut juga tinggi.

Pengamat otomotif, Suhari Sargo membenarkan. “Tiga hal utama yang menjadi pertimbangan konsumen saat membeli mobil adalah citra merek yang di dalamnya termasuk kualitas produk, layanan purna jual, serta nilai jual kembali,” kata dia.

Toyota masih menempati urutan teratas dalam ketiga hal itu. Meski demikian, dalam hal persepsi, citra merek juga kerap dilandasi subyektivitas seseorang.

Data Gaikindo yang diterima tempointeraktif.com dari salah satu anggota organisasi itu juga menunjukkan sepanjang Januari–Juni, Toyota masih berada di urutan pertama dan kemudian disusul Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki, Honda, dan lain-lain.

Berikut empat merek mobil terlaris di Indonesia sepanjang semester pertama 2011:

No. Nama merek Penjualan
1. Toyota 152.283
2. Daihatsu 69.180
3. Mitsubishi 60.439
4. Suzuki 43.743

Sumber : Gaikindo, penjualan wholesales Januari–Juni 2011.(tempointeraktif.com)

Related Posts:

Share this article on :

No comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Information Network All Rights Reserved.
Template Design by Firman Pilo | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.